CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Rabu, 15 September 2010

gempa terdasyat

Gempa Bumi Dahsyat di Chili Tewaskan 85, Timbulkan Tsunami

Gempa bumi dahsyat berkekuatan 8,8 menurut skala Richter yang melanda Chili, Sabtu pagi, menewaskan sedikitnya 85 orang. Gempa bumi itu merobohkan beberapa gedung di ibukota, Santiago.

Presiden Chili, Michelle Bachelet, menyatakan keadaan darurat bencana alam dan mengatakan jumlah korban jiwa diperkirakan masih akan meningkat. Dikatakannya, tim tanggap darurat telah dikerahkan ke seluruh daerah itu. Sebuah jembatan di luar Santiago rusak, dan bandara di ibukota tutup.

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) telah terjadi beberapa gempa susulan berkekuatan 6,9 skala Richter.

Dikatakan juga, permukaan laut menunjukkan bahwa telah terjadi tsunami dan mungkin menghancurkan daerah-daerah sepanjang pantai Chili dekat episenter.

Presiden telah memerintahkan pengungsian Pulau Easter, wilayah Chili, di mana diduga akan dilanda tsunami. Belum banyak informasi yang segera diperoleh dari daerah itu, tetapi gedung-gedung goyang dan aliran listrik terputus di Santiago, 320 kilometer dari tempat terjadinya gempa bumi.
[insert caption here]Pusat gempa terletak 100 km dari kota Concepcion.

USGS mengatakan, gempa bumi itu terjadi Sabtu pukul 3:34 pagi waktu setempat, 100 kilometer dari Concepcion, kota terbesar kedua di metropolitan Chili.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik telah mengeluarkan peringatan bagi Chili dan Peru, dan peringatan siaga tsunami bagi Ecuador, Colombia, Panama, Costa Rica dan Antarctica. Jawatan itu mengatakan tsunami dapat juga mengancam daerah-daerah pantai sejauh Rusia.

0 komentar: